Google
 

Tuesday, December 11, 2007

Latihan 4 (Teori Pembelajaran).

Untuk mencapai tujuan pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan dilakukan melalui proses pembelajaran. Mengapa pembelajaran juga merupakan suatu sistem ?
(Dedi Dwi W/2102407095)

42 comments:

Anonymous said...

Pembelajaran disebut sebagai sebuah sistem karena dalam pembelajaran semua unsur saling berkaitan. Antara unsur yang satu berhubungan dengan unsur yang lain. Semua komponen unsur unsur tersebut saling berkaitan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yaitu hasil belajar yang memuaskan. Unsur-Unsur tersebut diantaranya adalah: siswa, guru, bahan ajar, kurikulum, dsb

Anonymous said...

Menurut saya pembelajaran merupakan suatu sistem karena pembelajaran merupakan interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Interaksi ini membutuhkan komponen komponen yang sangat berkaitan dan tidak dapat dipisah pisahkan. Dalam suatu lembaga pendidikan unsur unsur yang tidak dapat dipisah pisahkan tersebut antara lain adalah siswa, guru, materi, kurikulum dan situasi lingkungan.
Semua unsur ini mempunyai hubungan fungsional yang berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan, yaitu keberhasilan pendidikan.

Anonymous said...

berikut identitas saya yang tadi lupa saya cantumkan
Diah Rahmawati
4101407024
Pend.matematika 1A

krida said...

pembelajaran adlh pross interaksi pesrta didik dengan pendidik dan smber beljar pd suatu lingkungan belajar.Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan penddk agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan,penguasaan kemahiran dan tabiat,srta pembentukan sikap dan kepercayaan pada psrta ddk.Dgn kata lain,pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat bljr dengan baik dan utk mencapai tujuan dr pembelajaran itu sendiri. sedangkan untuk Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun.

Anonymous said...

Dalam meninjau pembelajaran sebagai suatu sistem diperlukan adanya pendalaman terhadap konsp sistem dan konsep pembelajaran. Dimana sistem adalah suatu ksatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencpai tujuan/ fungsi sistem tersebut. Maka sistem sebagai pendekatan berarti cara memandang sesuatu secara sistematik dan menyeluruh tidak terpisah-pisah. SEdangkan pembelajaran disini adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah sehingga secara umum pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem utuh.

Anonymous said...

Pembelajaran merupakan suatu sistem karena dalam proses tersebut dibutuhkan komponen- komponen yang dapat saling mendukung. Misalnya,dalam proses belajar selain dibutuhkan seorang tenaga pendidik,juga dibutuhkan peserta didik(ada yang diajar dan ada yang mengajar).Kerja sama antara keduanya pun saling berkesinambungan, seperti siswa membutuhkan ilmu dan guru menularkan ilmu.Selain komponen tersebut,dibutuhkan pula fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang keberlangsungan proses KBM, seperti meja,kursi, peralatan laboratorium,buku-buku dan lain-lain. Kesemuanya itu saling mendukung demi kelancaran proses pembelajaran. Apabila salah satu dari komponen tersebut ada yang kurang maka akan mengganggu keberlangsungan proses pembelajaran. Dengan demikian,pembelajaran merupakan suatu sistem.

Anonymous said...

pembelajaran merupakan suatu sistem bahwa komponen-komponen pembelajaran yang
terdiri dari tujuan, subyek belajar, materi pelajaran, strategi
pembelajaran, media pembelajaran, dan komponen penunjang lainnya
merupakan suatu kesatuan yang mempunyai hubungan fungsional dan
berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/ fungsi sistem
pembelajaran tersebut. jadi yang dimaksud pembelajaran sebagai suatu
sistem adalah cara memendang pembelajaran itu sendiri sebagai sesuatu
secara sistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah.

Anonymous said...

pembelajaran juga merupakan suatu sistem. pendidikan berarti pertumbuhan dan perkembangan individu kearah positif akibat interaksi dengan lingkungannya. berarti pendidikan itu karena individi melakukan belajr. bila terjadinya proses belajar karena lingkungan dimanipulasi, dikontrol dan dikendalikan maka proses pendidika itu disebut pembelajaran. dengan demikian pembelajaran itu sebenarnya merupakan sistem.

pesona said...

sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/fungsi sistem tersebut. maka sistem sebagai pendekatan berarti cara merancang sesuatu secara sistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah. sedangkan pembelajaran di sini adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah, sehingga secara umum pembelajarann tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem utuh. dalam prosesnya, sistem pembelajaran itu merupakan interaksi fungsional antara sub sistem seperti sub sistem kurikulum, kesiswaan, tenaga kependidikan, perpustakaan dan sebagainya. maka dalam prosesnya, juga akan memperoleh masukan dari supra sistem lembaga masyarakat dan orang tua serta sub-sub sistem yang membentuk sistem pembelajaran di sekolah. sub sistem ysng membentuk sistem pembelajaran adalah tujuan, subyek belajar,pengelolaan, struktur dan jadwal pelajaran, materi pelajaran, strategi pembelajaran, alat bantu, perpustakaan, pendidikan dsb.
maka, pembelajaran di sebut sebagai sistem karena komponen-komponen yang menyusun suatu pembelajaran saling berhubungan secara sinergis dalam mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Anonymous said...

pembelajaran merupakan sebuah sistem karena dalam pengajaran terdapat komponen2 yang berkaitan satu dgn yang lain, misalnya ada komponen siswa, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, kurikulum, pendanaan dan masih banyak lagi komponen yang berkaitan dengan pengajaran.dalam proses pengajaran di awali dengan adanya re-input kemudian adanya proses dan terakhir dihasilkan suatu output. dalam proses pengajaran biasanya dipengaruhi oleh lingkungan dan input instrumen.

Anonymous said...

Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/ fungsi sistem tersebut. Pendidikan disebut sebuah sistem karena adanya kesatuan unsur dan interaksi untuk mencapai tujuan pendidikan. Unsur-unsur tesebut bisa terdiri dari tujuan,subyek belajar,kegiatan pembelajaran,sarana-prasarana,dan komponen-komponen lain yang menunjang terciptanya sistem tersebut.

Anonymous said...

Sistem adalah satu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/fungsi yang sama. sedangkan pembelajaran dapat digambarkan sebagai satu kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu kesatuan yang utuh. Sub-sub sistem tersebut adalah tujuan, subjek belajar, pengelolaan, struktur dan jadwal pelajaran, materi pelajaran, stategi dan sebagainya. oleh karena itu pembelajaran merupakan suatu sistem.

Anonymous said...

dalam suatu sistem terdapat beberapa unsur atau sub sistem yang bekerja bersama2 secara dinamis untuk mencapai suatu tujuan. pendidikan dapat dikatakan sebagai suatu sistem karena ia pun memiliki beberapa unsur/sub sistem, diantaranya kurikulum, tenaga kependidikan, siswa, sarana dan prasarana, pendanaan, serta komponen2 lain yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan. setiap unsur saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.

Anonymous said...

Pembelajaran juga merupakan suatu sistem karena pembelajaran merupakn suatu kesatuan berbagai unsur yang berupa tujuan, subyek belajar, pengelolaan, struktur dan jadwal pelajaran, materi pelajaran, strategi pembelajaran, alat bantu, perpustakaan, pendidik, dan lembaga masyarakat, serta orang tua, yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan pendidikan, baik tujuan pendidikan nasional, lembaga, kurikuler, maupun tujuan pembelajaran.

Anonymous said...

Pembelajaran merupakan sebuah sistem yang berupa input-proses-output. Input sendiri terdiri dari tujuan pembelajaran, siswa, tenaga pengajar, biaya pendidikan, waktu, manajemen, materi, fasilitas belajar dsb. Dari input tersebut kemudian terjadi proses yang merupakan interaksi fungsional antar subsistem sehingga dari interaksi tersebut dapat dihasilkan output (lulusan yang sesuai dengan tujuan pendidikan).

Anonymous said...

Pembelajaran juga merupakan suatu sistem karena Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/fungsi sistem tersebut. Maka sistem sebagai pendekatan berarti cara memandang sesuatu secara sistematik dan menyeluruh,tidak terpisah-pisah. Sedangkan pembelajaran di sini adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah, sehingga secara umum pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem utuh. Dalam prosesnya sistem pembelajaran itu merupakan interaksi fungsional antara sub sistem seperti sub sistem kurikulum, kesiswaan, tenaga kependidikan, perpustakaan dan sebagainya. Maka dalam prosesnya juga akan memperoleh masukan dari supra sistem lembaga masyarakat dan orang tua serta sub-sub sistem yang membentuk sistem pembelajaran di sekolah.

Anonymous said...

pembelajaran juga merupakan sistem karena pada proses pembelajaran terlibat beberapa komponen pembelajaran yaitu tujuan, subyek belajar, materi pelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan penunjang yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah dit5entukan

Anonymous said...

Menurut paham konvensional pendidikan dalam arti sempit diartikan sebagai bantuan kepada anak didik terutama pada aspek moral, sedangkan pengajaran dibatasi pada aspek intelektual. Dalam arti modern, pendidikan berarti pertumbuhan dan perkembangan individu kearah positif akibat interaksi dengan lingkungannya. Hal ini berarti pendidikan terjadi karena individu melakukan belajar. Bila terjadinya proses belajar karena lingkungan dimanipulasi, dikontrol dan dikendalikan maka proses pendidikan itu disebut pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran itu sebenarnya merupakan system.
Selain itu, pembelajaran merupakan suatu sistem karena pada proses pembelajaran terlibat beberapa komponen pembelajaran yang terdiri dari tujuan, subyek belajar, materi pelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan komponen penunjang lainnya yang merupakan suatu kesatuan dan saling berhubungan satu sama lain serta berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Anonymous said...

menurut saya, pembelajaran merupakan suatu sistem karena dalam pembelajaran itu terdapat beberapa kesatuan yang saling mendukung dan saling berkaitan. yaitu, dalam pembelajaran terdapat tujuan, metode, strategi, media, dan yang utama adalah adnya guru dan siswa, dan lingkungan belajar yang ada.

Anonymous said...

Dewi Muthohharoh/4301405058
Pend. Kimia

Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan / fungsi sistem tersebut,jadi sistem sebagai pendekatan berarti cara memandang sesuatu secara sistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah.sedangkan pembelajaran adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah, sehingga pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem utuh.

Anonymous said...

Pembelajaran merupakan suatu sistem karena didalam pembelajaran atau ruang lingkup dari pembelajaran adalah pengajar dan belajar atau siswa. Selain itu dalam pembelajaran adanya suatu proses belajar mengajar atau sekumpulan proses atau seperangkat peristiwa yang dapat mempengaruhi siswa dalam hal perilaku dan lain sebagainya.
BIYA EBI PRAHETO 2102407111

ERI KRISTIANI said...

Pembelajaran disebut sebagai suatu sistem karena pembelajaran merupakan seperangkat peristiwa yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memperoleh kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan. Jadi, pembelajaran merupakan suatu proses yang saling berhubungan dan berkesinambungan yang dapat mempengaruhi siswa dalam hal kemampuan akademik, perilaku, dsb. Pembelajaran dapat berorientasi pada bagaimana perilaku guru yang efektif, bagaimana si belajar berperilaku, dsb.

ERI KRISTIANI said...

NAMA : ERI KRISTIANI
NIM : 4101407009
ROMBEL : 32
EMAIL : eri_kristiani@yahoo.com

Anonymous said...

PEmbelajaran dikatakan sebagai sistem karena:
Dalam suatu sistem, terdapat berbagai unsur yang mepunyai hubungan fungsional yang berinteraksi secara dinamis dalam rangka mencapai tujuan fungsi itu. Dalam proses pembelajaran, pembelajaran itu digambarkan sebagai interaksi fungsional antara sub sistem, sperti sub sistem kurikulum, kesiswaan, tenaga kependidikan, dll. Maka dalam prosesnya juga akan memperoleh masukan dari supra sistem di masyarakat. Interaksi yang saling terkait untuk mencapai tujuan inilah yang membuat proses pembelajaran sebagi suatu sistem.

Anonymous said...

Hesti Darmayanti/ 4301405095/ rombel 33
Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/fungsi sistem tersebut. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu kasatuan utuh seperti interaksi fungsional antar sub sistem kurikulum, kesiswaan, tenaga kependidikan, perpustakaan, dsb. Interaksi ini membutuhkan komponen komponen yang sangat berkaitan dan tidak dapat dipisah pisahkan.Komponen-komponen dalam pembelajaran meliputi:tujuan, subyek belajar, materi pelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, penunjang.

Anonymous said...

sistem adalah kesatuan dari berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan saling berinteraksi secara dinamis untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
demikian juga pendidikan juga mempunyai komponen-komponen tertentu, diantaranya tujuan, subyek belajar, pengajar, strategi pembelajaran, media pembelajaran, serta komponen-komponen penunjang lainnya yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu yaitu dalam hal ini adalah hasil belajar..
sehingga dari fakta tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan juga adalah sebuah sistem.
terima kasih

www.nurmasiyamita.blogspot.com said...

sistem adalah kesatuan dari berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan saling berinteraksi secara dinamis untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
demikian juga pendidikan juga mempunyai komponen-komponen tertentu, diantaranya tujuan, subyek belajar, pengajar, strategi pembelajaran, media pembelajaran, serta komponen-komponen penunjang lainnya yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu yaitu dalam hal ini adalah hasil belajar..
sehingga dari fakta tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan juga adalah sebuah sistem.
terima kasih

Anonymous said...

Metha (4301405062)
Sistem merupakan suatu rangkaian proses yang antara satu dengan yang lainnya saling berhubungan. Jika salah satu proses tidak berjalan, maka keseluruhan sistem itu tidak akan berjalan dengan baik atau bisa dikatakan bukan sebagai sistem. Begitu pula dengan pembelajaran. Dalam pembelajaran atau dunia pendidikan, pembelajaran termasuk suatu sistem sebab dalam kegiatan pembelajaran, terdapat kegiatan yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Misalnya dalam pembelajaran, terdapat tiga komponen atau kegiatan pokok yang penting, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jika salah satu diantara ketiganya tidak berjalan dengan baik, maka bisa dikatakan proses pembelajaran tersebut gagal. Perencanaan saja tanpa pelaksanaan sama saja dengan nol besar, begitu juga kegiatan belajar mengajar tanpa perencanaan akan terjadi kekacauan sebab KBM dilakukan tanpa persiapan yang matang. Begitu juga jika kedua kegiatan tersebut dilaksanakan tanpa adanya evaluasi. Evaluasi sangat penting, sebab merupakan suatu indikator berhasil tidaknya KBM tersebut. Jadi pembelajaran dikatakan sebagai suatu sistem karena semua kegiatan yang ada di dalam pembelajaran, berhubungan erat antara satu dengan yang lainnya.

Anonymous said...

Sistem adalah seperangkat unsur yang secara teratur mempunyai keterkaitan dan saling kerjasama untuk mencapai suatu tujuan. Dalam pembelajaran ada unsur2 yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi antara unsur yang satu dg yang lainnya. Unsur-unsur tersebut adalah guru, siswa, dan lingkungan sekolah.Siswa membutuhkan ilmu dari guru dan guru membutuhkan siswa agar terjadi proses pembelajaran. Dan proses pembelajaran akan berlangsung jika didukung dg sarana dan prasarana yang memadai. Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru akan mempengaruhi bagimana siswa menerima materi pelajaran. Sedangkan model pembelajaran yang guru terapkan juga disesuikan dg keadaan lingkungan (sarana dan prasarana) yang ada. Jadi ketiga unsur tersebut saling berkaitan. Dan pembelajaran dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan. Jika dalam pembelajaran tidak tercapai kerjasama yg baik maka tujuan pembelajaran tidak akan dapat tercapai. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan suatu sistem.

Anonymous said...

Pembelajaran dapat disebut sebagai sistem karena sistem itu sendiri dapat diartikan suatu kesatuan berbagai unsur yang mempinyai hubungan fungsionaldan berinteraksi secara dinamisuntuk mencapai tujuan / fungsi sistem tersebut. Sedangkan pembelajaran disini adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah,sehingga pembelajaran dapat dikatakan sebagai sistem karena pembelajaran itu sendiri merupakan kesatuan dari berbagai perangkat belajar seperti guru,murid,dsb,dan juga memiliki tujuan yaitu:menciptakan kecerdasan bagi siswa.

Anonymous said...

maaf tadi identitas saya belum saya cantumkan; Mujianto/5201407062/pendidikan teknik mesin

Anonymous said...

Yang dimaksud dengan sistem adalah suatu kasatuan berbagai unsur yg mampunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/fungsi sistem tersebut.
Di dalam suatu sistem dapat diidentifikasi adanya elemen-elemen yg sekaligus menjadi ciri-ciri suatu sistem.Menurut Ryans(1968)ciri-ciri itu adalah:
>elemen-elemen dapat dikenali
>saling berkaitan secara teratur
>mrp kesatuan organisasi untuk mencapai tujuan
>membuahkan hasil yang dapat dikenali
Sedangkan pembelajaran adalah suatu proses belajar karena lingkungan dimanipulasi,dikontrol,dan dikendalikan.
Dan pembelajaran disini adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah sehingga secara umum pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem utuh.Dalam prosesnya sistem pembelajaran itu merupakan interaksi fungsional antara sub sistem seperti sub sistem kurikulum,kesiswaan ,tenaga pendidikan ,perpustakaan,dsb.Maka dalam prosesnya juga akan memperoleh masukan dari suprasistem lambaga masyarakat &orang tua serta sub-sub yang membentuk sistem pembelajaran di sekolah.

Anonymous said...

pembelajaran juga merupakan suatu sistem karena pembelajaran juga merupakan suatu kesatuan suatu aspek-aspek yang membentuk suatu kerja fungsional. aspek yang dimaksud adalah pengajar, murid, sarana pembelajaran, materi pembelajaran, aturan pembelajaran, cara/strategi pembelajaran. aspek-aspek tersebut membentuk suatu kerja fungsional sehingga pembelajaran juga merupakan suatu sistem.

Nafiatun 4101407039 said...

Pembelajaran merupakan suatu sistem karena pembelajaran merupakan kesatuan sub-sub sistem yang
membentuk suatu sistem utuh. Pembelajaran merupakan interaksi
fungsional antara sub sistem (kurikulum, kesiswaaan, tenaga
pendidikan, perpustakaan dsb), di mana dalam prosesnya memperoleh
masukan dari supra sistem lembaga masyarakat dan orang tua, serta
sub-sub sistem yang lain seperti, tujuan, subjek belajar, pengelolaan,
struktur dan jadwal pelajaran, materi pelajaran, strategi
pembelajaran, alat bantu, perpustakaan, pendidik, dsb.

Vina Mariana said...

Vina Mariana (2201407003/ Pendidikan Bahasa Inggris/ Fakultas Bahasa dan Seni UNNES/ Rombel 9/ B1 207/ 201-202)
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. (Undang-undang nomor 20 tentang sistem pendidikan nasional)
Pembelajaran juga diartikan sebagai proses belajar karena lingkungan yang dimanipulasi, dikontrol dan dikendalikan.
Sedangkan pembelajaran sendiri digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk sistem yang utuh.
Jadi pembelajaran dikatakan sebagai sebuah sistem karena didalam pembelajaran memiliki sub-sub sistem yaitu: Tujuan pembelajaran, subyek belajar, pengelolaan, struktur dan jadwal pelajaran dan lain sebagainya.. Sedangkan dalam mencapai tujuannya, pembelajaran merupakan hasil interaksi dari supra sistem, sistem dan sub sistem.

Anonymous said...

klo tanpa proses pembelajaran, bgaman a qt mentransfer ilmu?
trs apa yang bs kita capai?
pembelajaran mrpkn suatu sistem krana dalam proses pembelajaran terjadi siklus...
1. perencanaan pembelajaran.
2. proses pembelajaran.
3. evalusi
4. perbaikan atau bs juga melanjutkan ke materi brkutnya..
jd proses ini gak terhenti...
so, disebut jg sbg sistem pembelajaran..
Lathifa Ajria farhati
2102407014
pend. bhs jawa

Anonymous said...

pembelaharan merupakan suatu sistem, hal ini dikarenakan dalam suatu pembelajaran terdapat keterkaitan yang saling tergantung antar guru dan siswa. pembelajaran memyebabkan bebrbagai element yang saling terkait dan terikat mencapai satu tujuan teoritis. dalam pembelajran terdapat suatu simbiosis yang akhirnya melibatkan satu pihak dengan pihak yang lain berinteraksi sehingga mencapai tujuan yang menyangkut kepentingan kebersamaan.

dalam pembelajaran terdapat berbagai unsur untuk mencapai tujuan yang dilewati dari berbagai macam lajur yang akan membentuk suatu sistem.jadi dalam kehidupan kedepan nanti akan terdapat berbagai macam sudut dan karakteristik yang memyebabkan keterkaitan antar satu pihak terhadap pihak yang lain yaitu guru dan siswa dalam memncapai suatu tujuan pembelajaran fungsional

Anonymous said...

VISCARIA MUFTIANA
4101404541
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Dalam meninjau pembelajaran sebagai suatu sistem, diperlukan adanya pendalaman terhadap konsep sistem dan konsep pembelajaran. Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan atau fungsi sistem tersebut. Maka sistem sebagai pendekatan berarti cara memendang sesuatu sistematik dan menyeluruh. Sedangkan pembelajaran disini adalah menekankan proses pembelajaran disekolah, sehingga secara umum pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk suatu sistem utuh.

Arga said...

Sebab pembelajaran merupakan suatu rangkaian berupa input, proses, dan output.

Anonymous said...

Sistem merupakan sebuah kesatuan yang terdiri atas berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan maupun fungsi sistem tersebut. maka sistem sebagai pendekatan berarti cara merancang sesuatu secara sistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah. sedangkan pembelajaran di sini adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah, sehingga secara umum pembelajarann tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem utuh. dalam prosesnya, sistem pembelajaran itu merupakan interaksi fungsional antara sub sistem seperti sub sistem kurikulum, kesiswaan, tenaga kependidikan, perpustakaan dan sebagainya. maka dalam prosesnya, juga akan memperoleh masukan dari supra sistem lembaga masyarakat dan orang tua serta sub-sub sistem yang membentuk sistem pembelajaran di sekolah. sub sistem ysng membentuk sistem pembelajaran adalah tujuan, subyek belajar,pengelolaan, struktur dan jadwal pelajaran, materi pelajaran, strategi pembelajaran, alat bantu, perpustakaan, pendidikan dsb.
maka, pembelajaran di sebut sebagai sistem karena komponen-komponen yang menyusun suatu pembelajaran saling berhubungan secara sinergis dalam mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Anonymous said...

pembelajaran merupakan sutu sistem karena dalam pembelajaran terdapat komponen-komponen yang mendukung proses pembelajaran. Yang tiap-tiap komponen tersebut saling berkaitan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain.
komponen-komponen tersebut diantaranya:
1.tujuan
2.subjek belajar
3.materi belajar
4.strategi pembelajaran
5.media pembelajaran
6.guru
7.penunjang proses belajar
8.evaluasi

Jika salah satu komponen dihilangkan maka proses pembelajaran tidak berjalan dengan efektif.

m ibnu soleh
3501407034
Pend.sos&ant
rombel 24

Anonymous said...

Pembelajaran merupakan suatu sistem karena dalam proses tersebut dibutuhkan komponen- komponen yang dapat saling mendukung. Misalnya,dalam proses belajar selain dibutuhkan seorang tenaga pendidik,juga dibutuhkan peserta didik(ada yang diajar dan ada yang mengajar).Kerja sama antara keduanya pun saling berkesinambungan, seperti siswa membutuhkan ilmu dan guru menularkan ilmu.Selain komponen tersebut,dibutuhkan pula fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang keberlangsungan proses KBM, seperti meja,kursi, peralatan laboratorium,buku-buku dan lain-lain. Kesemuanya itu saling mendukung demi kelancaran proses pembelajaran. Apabila salah satu dari komponen tersebut ada yang kurang maka akan mengganggu keberlangsungan proses pembelajaran. Dengan demikian,pembelajaran merupakan suatu sistem.



oia, jangan lupa mampir ke sini ya...