Google
 

Wednesday, December 19, 2007

Latihan 12 (Teori Pembelajaran).

Jelaskan hubungan teori belajar dan pembelajaran!

57 comments:

Anonymous said...

Hubungan antara teori belajar dan pembelajaran yaitu.Pada hakekatnya teori belajar akan mampu menjelaskan,memprediksikan dan mengontrol peristiwa belajar, sehingga prinsip dan hasil belajar dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Maka teori belajar akan berimplikasi pada pembelajaran yang dapat dilihat dari mana proses itu terjadi.

Anonymous said...

Teori belajar merupakan konsep2 dan prinsip2 belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen dan terutama menyangkut masalah situasi belajar.Teori belajar mampu menjelaskan, memprediksi dan mengontrol peristiwa belajar. Sehingga prinsip-prinsip dan hukum dalam teori belajar ini dapat digunakan dlm proses pembelajaran. Oleh sebab itu, teori belajar tertentu dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu pula atau tergantung dari sudut pandang mana proses belajar itu terjadi.Dengan adanya teori belajar, proses pembelajaran dapat dierancanakan secara matang dan pelaksanaannya akan dikontrol serta dievaluasi sesuai prinsip dan hukum dalam teori belajar.

Anonymous said...

Dewi Muthohharoh/4301405058
Pend. Kimia
Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen yang berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada siswa. Sedangkan teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi,tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar yang berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Sehingga teori belajar tertentu dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu pula / tergantung dari sudut pandang mana proses belajar itu terjadi. Oleh karena itu jelas bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara teori belajar dengan teori pembelajaran.

Anonymous said...

Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Atau dengan kata lain, teori belajar akan mampu memperjelas, memprediksi dan mengontrol peristiwa belajar. Sehingga prinsip-prinsip dan hukum belajar akan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, teori belajar tertentu dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu pula atau tergantung pada sudut pandang mana proses belajar itu terjadi.

Mely_niezt said...

meliana fuadifah
menurut saya hubungan teori belajar dan pembelajaran bahwa teori belajar adalah konsep2 dan prinsip2 belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. teori belajar berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. teori belajar berfungsi menjelaskan apa,mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar., sedangkan teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi,tapi lebih merupakan implementasi prinsip2 teoribelajar.

Anonymous said...

Hesti Darmayanti/ 4301405095/ rombel 33

Teori Belajar merupakan konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen.
Pembelajaran ditinjau dari segi internal dan eksternal maka teori pembelajaran atau teori instruksional adalah penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip pengajaran dalam usaha mencapai tujuan belajar dengan menekankan pada prosedur yang telah terbukti berhasil secara konsisten.

Hubungan teori belajar dengan pembelajaran:
Teori belajar yang bersifat deskriptif dan dianggap sebagai asumsi dasar dari pengertian “belajar” untuk mencapai tujuan belajar, diteraapkan melalui teori instruksional/teori pembelajaran yang mana besifat preskriptif dan dipengaruhi oleh teori belajar, membagi belajar menjadi beberapa model pembelajaran, yang kemudian diterapkan dalam proses belajar mengajar (PBM) yang mana pembelajaran yang diterapkan tergantung/disesuaikan dengan kenyataan, oleh karena itu guru harus mempunyai keterampilan mengajar yang baik dan sudah teruji maka dibutuhkan langah-langkah rinci dalam PBM.

Oleh karena teori belajar yang bersifat deskriptif itu, akan mampu menjelaskan, memprediksi dan mengontrol peristiwa belajar. Sehingga prinsip-prinsip dan hukum belajar akan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Maka teori belajar teetentu dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu pula atau tergantung dari sudut pandang mana proses belajar itu terjadi. Denga demikian jelaslah bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara teori belajar dengan teori pembelajaran.

Anonymous said...

Teori belajar adalah inti dari apa yang akan diajarkan.Kita dapat mengatakan bahwa kalo teoripembelajaran itu adalah ruhnya maka pembelajaran adalah tubuh yaang melaksanakan semua kehendak ruh.
meskipun banyak orang yang berpendapat tanpa teori pembelajaran pun pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana,namun hasilnya akan sangat jauh berbeda dengan orang yang melaksanakan pembelajaran dengan telah mengetahui ilmunya terlebih dahulu.
Pembelajaran akan tetap berjalan tanpa adanya penguasaan teorri pembelajaran tapi keberhasilan pembelajaran akan sangat di tunjang oleh adanya penguasaan teori pembelajaran.

Nama : Muhammad Isro' Feriyanto
NIM : 4101407013

tazul said...

Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen yang berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada siswa.
pembelajaran terjadi dengan mengacu pada teori belajar, atau dengan kata lain dasar daripada pembelajaran adalah teori belajar.

Anonymous said...

Teori pembelajran mencakup prinsip-prinsip teori belajar, yakni dalam hal implementasinya untuk memecahkan masalah praktis dalam mpembelajaran. Selain itu, tepri pembelajaran juga merupakan penerapan teori tingkah laku dan prinsip pengajaran dengan penekanan pada prosedur yang telah terbukti secara konsisten.

www.nurmasiyamita.blogspot.com said...

teori belejar berisi teori-teori tentang pola-pola belajar.
dari teori-teori yang ada dapat dipilih suatu teori yang dirasa paling cocok diterapkan dalam pembelajaran.
selain itu dari teori belajar dapat diramalkan bagaiman hasil belajar dari penggunaan teori belajar atau pola belajar tersebut.

Anonymous said...

ni retno_pembayun@yahoo.com tata boga 5401406041
mau berkomentar dan menanyakan mana c tugas MID yang ktnya ada di sini ko saya cari2 g da c......??
Saya sudah suisah payah masuk di sini ya pak jangan menyalahkan say kalau bapak tidak mempertimbangkan nilai say ananti
komentar say mengenai teory bpembelajaran dan cara belajar adlah sangat berhubungan sekali dan berpengaruh pada hasil belajar siswa di sekolah.Maaf y pak sudah dulu.pikiran saya sedang HEENG OUT tahu sendiri kan kalo tidak salah sudah 4 komem\ntar yg sy berikan dan saya di sini tanpa panduan apapun seX lagi mohon bapak mempertimbangkan(sssssst......NILAI AKHIR say) tewrima kasih y paaaaaaak

Anonymous said...

ni retno_pembayun@yahoo.com tata boga 5401406041
mau berkomentar dan menanyakan mana c tugas MID yang ktnya ada di sini ko saya cari2 g da c......??
Saya sudah suisah payah masuk di sini ya pak jangan menyalahkan say kalau bapak tidak mempertimbangkan nilai say ananti
komentar say mengenai teory bpembelajaran dan cara belajar adlah sangat berhubungan sekali dan berpengaruh pada hasil belajar siswa di sekolah.Maaf y pak sudah dulu.pikiran saya sedang HEENG OUT tahu sendiri kan kalo tidak salah sudah 4 komem\ntar yg sy berikan dan saya di sini tanpa panduan apapun seX lagi mohon bapak mempertimbangkan(sssssst......NILAI AKHIR say) tewrima kasih y paaaaaaak

Anonymous said...

DIAH RAHMAWATI
4101407024
PEND. MATEMATIKA1A
MENURUT SAYA HUBUNGAN ANTARA TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ADALAH TEORI BELAJAR MERUPAKAN KONSEP YANG MENJELASKAN APA, MENGAPA DAN BAGAIMANA PROSES PEMBELAJARAN TERJADI. HAL INI TENTU MEMPUNYAI HUBUNGAN YANG SANGAT ERATDENGAN PEMBELAJARAN YANG MERUPAKAN PROSES BELAJAR. BAGAIMANA KITA BISA BELAJAR JIKA KITA TIDAKTAHU CARANYA BELAJAR?. DENGAN KATA LAIN TEORI BELAJAR ADALAH KONSEP YANG MENJIWAI PEMBELAJARAN

Anonymous said...

Burhanuddin DC/2102407109
hubungan antara teori belajar dan pembelajaran yaitu teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang sifatnya teoritis, berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar yang berfungsi menjelaskan apa, mengapa dan bagaimana proses belajar/pembelajaran itu sendiri terjadi pada si belajar.

Anonymous said...

teori belajar itu menjelaskan apa, bagaiman dan mengapa proses belajar tadi bisa terjadi pada si pembelajar, shjg menimbulkan beberapa teori belajar. teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknk yang tepat.
adetya sandy 4301405065

Anonymous said...

teori belajar itu menjelaskan apa, bagaimana dan mengapa proses belajar bisa terjadi pada si pembelajar, berisi konsep2 dan prinsip2 belajar. teori pembelajaran merupakan implementasi teori2 tsb.jadi hubungannya sangat erat sekali. kalo teori belajar sudah dikuasai maka teori belajar dapat dilaksanakan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai

Anonymous said...

Teori belajar merupakan konsep beserta prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen.sedangkan pembelajaran merupakan seperangkat peristiwa yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar memperoleh kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan.Apabila dalam pembelajaran untuk mempelajari teori belajar tertentu terdapat suatu hambatan,misalnya lingkungan sekitar yang kurang mendukung(terlalu ramai,suasana yang kurang nyaman),atau mungkin saja ada masalah pribadi yang cukup sulit,maka hal tersebut bisa saja berdampak pada hasil pembelajarannya.Karena dalam mempelajari teori belajar tersebut kurang mendapatkan kemudahan,maka tujuan dari belajar pun kurang tercapai.Jadi, pembelajaran merupakan proses untuk mempelajari suatu teori belajar hingga tercapai tujuan belajar yang diharapkan.

lina agustina said...

Lina Agustina(4101407010)
Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar.
Bila pembelajaran itu ditinjau dari segi internal dan eksternal maka teori pembelajaran atau intruksional adalah penerapn prinsip2 teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip pengajaran dalam mencapai tujuan belajar dengan penekanan pada prosedur yang telah terbukti berhasil secara konsisten. Dengan demikian prinsip belajar menurut teori belajar tertentu, teori tingkah laku,dan prinsip2 pengajaran dalam implementasinya akan berintegrasi menjadi prinsip2 pembelajaran.

Anonymous said...

hubungan antara teori pembelajaran dengan pembelajaran adalah dimana teori pembelajaran adalah merupakan sebuah ilmu/ajaran, aturan, cara, strategi, kurikulum, dan semua yang berhubungan dengan pembelajaran yang berbentuk teori. sedangkan pembelajaran sendidri merupakan bentuk konkret dari teori pembelajaran yaitu penerapan teori-teori pembelajaran kedalam suatu praktek penyampaian pembelajaran dari pengajar kepada siswanya.

Anonymous said...

Hubungan antara teori belajar dengan teori pembelajaran yaitu teori pembelajaran merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen serta menyangkut masalah situasi belajar. Teori belajar juga akan berimplikasi pada teori pembelajaran tergantung dari sudut pandang proses belajar itu terjadi. Hal ini jelas membuktikan adanya hubungan yang sangat erat antara teori belajar dengan teori pembelajaran.

LULU' ARIFATUN/4101407037 said...

Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan kebenarannya telah teruji melalui sebuah percobaan. Ini berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar yang terjadi kepada peserta didik. Sedangkan teori pembelajaran tidak menjelaskanbagaimana proses belajar terjadi, tetapi merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar, dan ini berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran.teori pembelajaran selalu akan mempertanyakan bagaimana cara pembelajaran yang efektif.
Prisip-prinsip dan hukum belajar akan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. teori belajar akan dapat dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran.

Nafiatun 4101407039 said...

Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belejar yang bersifat teoritis dan telah diuji kebenarannya melalui eksperimen. teori belajar berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar.
teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar, dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Teori pembelajaran mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang evektif. teori pembelajaran menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat. Teori pembelajaran akan mampu menjelaskan, memprediksi dan mengontrol peristiwa belajar. sehingga prinsip-prinsip dan hukum belajar akn dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Maka teori belajar dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran.

Anonymous said...

menurut saya hubungan teori belajar dan pembelajaran terletak pada konsep dan prinsip dimana teori belajar konsep dan prinsip bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen berasal dari teori psikologi terutama menyangkut masalah situasi belajar.teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa dan bagaimana proses belajar terjadi.karena adanya perbedaan para pakar psikologi maka timbul beberapa teori belajar. Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau memberikan pelayanan agar siswa belajar. Perbedaan antara belajar dan pembelajaran terletak pada penekanannya. Pembahasan masalah belajar lebih menekankan pada bahasan tentang siswa dan proses yang menyertai dalam rangka perubahan tingkah lakunya.
Pembahasan mengenai pembelajaran lebih menekankan pada guru dengan segala proses yang menyertai untuk melakukan perubahan perilaku terhadap seseorang.
Dalam proses pembelajaran guru dituntut memiliki kompetensi tertentu. Kompetensi yang dibutuhkan antara lain kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor.

Anonymous said...

hubungan teori belajar dan pembelajaran adalah sangat berkaitan erat.teori belajar merupakan konsep dan prinsip bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen berasal dari teori psikologi terutama menyangkut masalah situasi belajar.teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa dan bagaimana proses belajar terjadi.karena adanya perbedaan para pakar psikologi maka timbul beberapa teori belajar.
sedangkan teori pembelajaran merupakan implementasi dari teori belajar, yang menjelaskan bagaimana prosedur belajar yang baik dan efektif. teori pembelajaran sendiri tidak menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi.

afit istiandaru
4101407048

Anonymous said...

Hubu8ngan antara teori belajar dan pembelajaran adalah analog dengan rumus untuk ilmu eksak.jaddi teori belajar itu merupakan acuan atau senjata untuk melaksanakan proses pembelajaran yang baik seperti rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal.jadi hubungannya sangat erat sekali dan sangat penting.

Anonymous said...

hubungan teori belajar dan teori pembelajaran..
dasar dari teori pembelajaran tuch teori belajar..jd paham dulu belajar yang baik kayak apa?
truz qt tau proses pembelajaran yang cocok tu yang mana?
jd, sebaiknya sebelum belajar teori pembelajaran yang kebanyakan untuk pedoman guru, para calon guru jg hrs tahu ttg teori belajar,,,
jd ntr g kliru...
dan gak byk slh...
Lathifa Ajria farhati
2102407014
p. bhs jawa

Anonymous said...

Hubungan teori belajar dan teori pembelajaran adalah :
Teori belajar memuat prinsip-prinsip yang digunakan dalam belajar. Hal ini tentu berkaitan erat dengan teori pembelajaran karena reori pembelajaran akan memanfaatkan prinsip-prinsip dan hukum-hukum dari teori belajar dalam proses pembelajarannya sehingga tercapai tujuan belajar yang telah dirumuskan sebelumnya.
(Melia Juniarti/4101407021.Pend. Matematika)

Anonymous said...

Hubungan teori belajar dan pembelajaran sangatlah erat. Tanpa adanya teori belajar, proses pembelajaran tidak akan berjalan karena tidak ada yang menjadi pedoman dalam proses pembelajaran.

Eni Muliatun R.
Pend. Biologi
4401407091

Anonymous said...

KUSNADI.4301406024
Menurut saya hubungan teori pembelajaran dengan pembelajaran adalah bahwa teori pembelajran merupakan konsep dan prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenaran melalui eksperimen, tidak menjelaskan bagaimana proses belajar tapi lebih mengimplementasiakan prinsip toeri belajar dan berfungsi memecahkan masalah dalam pembelajaran oleh karena itu teori pembelajaran selalu mempersoalkan proses pembelajran efektif maka bersifat preskriptif dan normatif denikian hanya teori belajar bersifat deskriptif ileh karena itu hubunganya sangat erat

Anonymous said...

hubungan antara teori belajar dan pembelajaran adalah sangat erat. karena untuk melaksanakan pembelajaran agar sesuai dengan sasaran dan encapai tujuan pembelajaran harus disesuaikan dengan teori belajar yang ada. seperti pepatah mengataka sebelum melaksanakan praktek harus mengetahui teorinya terlebih dahulu. jadi pelaksanaan pembelajaran harus berlandaskan teori belajar

Vina Mariana said...

Vina Mariana (2201407003/ Pendidikan Bahasa Inggris/ Fakultas Bahasa dan Seni UNNES/ Rombel 9/ B1 207/ 201-202)
Teori belajar berfungsi untuk menjelaskan apa, mengapa dan bagaimana proses belajar bisa terjadi pada pebelajar. Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. (UU no 20 tahun 2003 tentang sisidiknas)
Hubungan teori belajar dengan pembelajaran adalah ketika peserta didik melakukan pembelajaran maka ia akan membutuhkan teori belajar. Karena teori belajar menjelaskan tentang prinsip-prinsip, teori-teori yang memudahkan bagaimana peserta didik melakukan proses belajar. Sedangkan dengan menerapkan / mengimplikasikan prinsip-prinsip dan teori-teori dari teori belajar itulah maka pembelajaran yang dilakukannya akan menjadi lebih efektif.

Anonymous said...

Antara teori belajar dan teori pembelajaran berhubungan sangat erat dimana teori belajar sendiri berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar sedangkan pada teori pembelajaran itu merupakan implementasi dari prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Sehingga keduanya saling berkaitan satu sama lain.

Anonymous said...

Hubungan teori belajar dan pembelajaran sangatlah erat. Tanpa adanya teori belajar, proses pembelajaran tidak akan berjalan karena tidak ada yang menjadi pedoman dalam proses pembelajaran.maka dari itu teori pembelajran merupkana penunjuang dari prose pembelajaran tapa adanya teori belajar maka pembeljaran belum tentu dapat berjalan dengan lancar.

Anonymous said...

hubungan teori belajar dan teori pembelajaran yaitu sangat erat dan merupakan konsep maupun prinsip belajar yang mencangkup ilmu/ajaran, aturan, cara, strategi, kurikulum, dan semua yang berhubungan dengan pembelajaran yang berbentuk teori. oleh karena itu teoei pembelajaran juga merupakan sebuah ilmu/ajaran, aturan, cara, strategi, kurikulum, dan semua yang berhubungan dengan pembelajaran yang berbentuk teori. jadi teori belajar akan mampu memperjelas, memprediksi dan mengontrol peristiwa belajar. terima kasih telah membaca komentar saya. semoga bermanfaat amin.

Anonymous said...

Viscaria Muftiana (4101404541) Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada seseorang. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka menimbulkan beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, humanistik, koknitiv, dan sebagainya.ok???

Anonymous said...

hubungan teori pembelajaran dengan pembelajaran tentunya sangat erat. bukankah teori pembelajaran itu disusun untuk mendukung proses pembelajaran itu sendiri?namanya saja teori tentunya berisi materi materi untuk disamapikan dalam pembelajaran. apabila tidak ada teori sama halnya tidak mempunyai bahan dan materi untuk dijadikan acuan. bisa saja yang terjadi ketidak efektivan dalam proses pembelajaran
nama: sharika hesti l
nim : 5401406067
prodi: pend tata boga

Anonymous said...

pembelajaran merupakan implementasi dari teori belajar. Atau dengan kata lain teori pembelajaran adalah perwujudan dari teori belajar. Teori belajar yang teoritis dan bersifat deskriptif akan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran hingga dapat disimpulkan teori belajar dengan sendirinya berimplikasi terhadap pembelajaran.

Lutfi Trisna Maulana/pendidikan bahasa Inggris/2201407160

im_luphie@yahoo.com

Anonymous said...

Menurut saya, pelaksanaan UN tidak bisa dijadikan standar kualitas kelulusan.Karena UN memakai standar yang sama baik di sekolah biasa maupun sekolah favorit(desa maupun kota).Padahal sarana-prasarana antara sekolah desa dan kota sangat jauh berbeda.Dan pemerintah ketika menentukan standar kelulusan melihat standar sekolah favorit di perkotaan.Akan menjadi aneh jika standar kota disamakan dengan standar di desa. Jadi UN tidak bisa dijadikan satu-satunya standar kualitas kelulusan.Contohnya di sekolah pedesaan deangan sarana-prasarana yang sangat minim, mereka mau tidak mau harus mengikuti standar yang ditentukan oleh pemerintah.Wajar jika banyak siswa yang tidak lulus ujian dan harus mengikuti kejar paket.Kemudian dari segi penentuan kualitas kelulusan,UN yang notabenya dilaksanakan dengan ujian tertulis terbukti tidak manpu menunjukan kualitas kelulusan yang sebenarnya.Misalnya banyak siswa yang pada keseharianya tidak mampu mengusai materi,pada waktu UN memiliki nilai yang jauh lebih baik daripada siswa yang pada keseharianya mengusai materi(terlepas dari siswa yang akhirnya memiliki kesadaran untuk belajar,itu pun hanya untuk menghadapi ujian)

Hal ini sangat berbeda ketika penentuan kualitas kelulusan menggunakan ujian lisan atau praktik.Karena dengan ujian lisan atau praktik kreativitas dan kedalaman materi yang dikuasai siswa dapat dipertanggungjawabkan.Artinya kita dapa mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi.Karena tidak mungkin jawaban yang disampaikan diperoleh dari hasil menyontek temanya,yang hal ini sangat mungkin terjadi di ujian nasional.

Selain itu dengan ujian lisan atau praktik,siswa benar-benar mempersiapkan diri dari awal sampai akhir pembelajaran.Karena tidak mungkin siswa mampu mengusai materi dari awal sampai akhir dalam waktu sehari semalam.

Ujian lisan atau praktik sangat dimungkinkan untuk Sekolah Dasar(SD) karena pada usia tersebut daya ingat siswa masih sangat kuat.Jadi ujian lisan atau praktik harus dibiasakan sejak usia dini.


Oleh : Pasmiati
NIM :210140708

Anonymous said...

As,,

pak hari maaf komentaryang diatas salah.Harusnay komentar itu untuk latihan 15.maaf Teori belajar dan pembelajaran memiliki hubungan timbal balik dan tidak bisa dipisah-pisahkan.Teori belajar merupakan pegangan dalam pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran merupakan wujud konkrit dari teori belajar.

Tori belajar merupakan konsep-konsep dan prinsip belajar yang bersifat teoristis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Sedangkan pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran.

Oleh : Pasmiati
NIM :2101407081

Anonymous said...

Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen.
Teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar.
Apabila pembelajaran ditinjau dari segi internal dan segi eksternal,maka teori pembelajaran adalah penerapan dari prinsip2 teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip pengajaran dalam mencapai tujuan belajar dengan penekanan pada prosedur yang telah terbukti berhasil secara konsisten.
Dengan demikian prinsip belajar menurut teori belajar tertentu, teori tingkah laku,dan prinsip2 pengajaran dalam implementasinya akan berintegrasi menjadi prinsip2 pembelajaran.

Fitriana Seha/4401407064/Pend.Biologi

Anonymous said...

Menurut saya hubungan antara teori belajar dan pembelajaran adalah teori pembelajaran akan selalu mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif,maka bersifat preskritif dan normatif.Demikian halnya dengan teori belajar yang bersifat deskriptif sehingga akan mampu menjelaskan,memprediksi,dan mengontrol peristiwa belajar sehingga prinsip-prinsip dan hukum belajar akan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.Maka teori belajar tertentu dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu pula atau tergantung dari sudut pandang mana proses belajar mengajar itu terjadi.Jadi jelaslah bahwa keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat.(Laely Maharani/2102407113)

Anonymous said...

Oktri yuliyati/2102407154/pend.bhs jawa.
menurut saya hubungan teori belajar dan pembelajaran adalah teori belajar merupakan kumpulan dari pada konsep konsep dan prinsip prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melaloi eksperimen.teori belajar menjelaskan apa,mengapa,dan bagaimana proses balajar terjadi,hubungannya dengan pembelajaran sangat erat sekali,yang mana dalam pembelajaran terjadi proses belajar dan dalam pembelajaran ini merupakan implementasi prinsip prinsip teori belajar yang berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran.teori belajar akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu.

Anonymous said...

Teori belajar berisi konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis. Teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Di mana macam-macam hal yamg dijelaskan itu ada dalam pembelajaran.

Anonymous said...

Atika V/2102407149/PBJ
Teori belajar berisi konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis. Teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Di mana macam-macam hal yang dijelaskan itu ada dalam pembelajaran.

Anonymous said...

Viscaria Muftiana
(4101404541)
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada seseorang. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka menimbulkan beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, humanistik, koknitiv, dan sebagainya.

Anonymous said...

teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsi-prinsip yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen..
Sedangkan teori pembelajaran adalah penerapan dari konsep-konsep belajar tersebut...

Arga said...

TEORI BELAJAR : Deskriptif, asumsi dasar, pengertian "belajar", tujuan belajar, kritik. TEORI INSTRUKSIONAL : Preskiptif, pengaruh teori belajar, terapan, model-model PBM. PENERAPAN DALAM PBM : Tergantung pada kenyataan, pengaruh teori belajar, ketrampilan mengajar, langkah-langkah rinci PBM.

Anonymous said...

Buona Sera! My name is Ora Rogers . fast cash loan

Anonymous said...

Hola! Travis Sanders . payday loans

Anonymous said...

toronto cash advance This website is the proper I enjoyed reading it substantially
AAA Toronto Payday Loans 1172 Bay St #101, Toronto, ON M5S 2B4 (416) 477-2817

Anonymous said...

Auto Insurance Quotes michigan auto insurance

Anonymous said...

I liked it. So much useful material. I read with great interest.

Anonymous said...

United States Restaurant Guide - a guide to every restaurant, http://restaurants-us.com/ar/Fayetteville/Tim%27s%20Pizza/72701/

Anonymous said...

the Federal-State Unemployment Insurance Program provides unemployment benefits to eligible workers . http://insuranceinstates.com/texas/Houston/Gary%20Balluck%20&%20Associates/77077/

Anonymous said...

I'm really Glad i discovered this blog.Added heritl.blogspot.com to my bookmark!

Anonymous said...

buy cheap valium valium 10mg strength - valium 5mg or 10mg

Anonymous said...

My family always say that I am killing my time here at net, however I know I am getting knowledge
all the time by reading thes nice articles.

Feel free to visit my weblog - what can i sell to make money fast