Google
 

Wednesday, December 19, 2007

Latihan 10 (Teori Pembelajaran).

Untuk mencapai tujuan pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan dilakukan melalui proses pembelajaran. Jelaskan bahwa pembelajaran juga merupakan suatu sistem!

20 comments:

Anonymous said...

Dewi Muthohharoh/ 4301405058
Pend. Kimia
Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan / fungsi sistem tersebut,jadi sistem sebagai pendekatan berarti cara memandang sesuatu secara sistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah.sedangkan pembelajaran adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah, sehingga pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem utuh. Dalam prosesnya sistem pembelajaran itu merupakan interaksi fungsional antra sub sistem seperti kurikulum, kesiswaan, tenaga kependidikan, perpustakaan, dsb, sehingga dalam prosesnya akan memperoleh masukan dari supra sistem lembaga masyarakat dan orangtua serta sub-sub sistem yang membentuk sistem disekolah. Sub sistem yang membentuk sistem pembelajaran adalah tujuan, subyek belajar, pengelolaan, struktur dan jadwal pelajaran, materi pelajaran, strategi pembelajaran,alat bantu, perpustakaan dan pendidik.

Anonymous said...

Hesti Darmayanti/ 4301405095/ rombel 33
Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/fungsi sistem tersebut. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu kasatuan utuh seperti interaksi fungsional antar sub sistem kurikulum, kesiswaan, tenaga kependidikan, perpustakaan, dsb. Interaksi ini membutuhkan komponen komponen yang sangat berkaitan dan tidak dapat dipisah pisahkan.Komponen-komponen dalam pembelajaran meliputi:tujuan, subyek belajar, materi pelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, penunjang.

www.nurmasiyamita.blogspot.com said...

sistem adalah kesatuan berbagai unsur yang memiliki hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
pembelajaran memiliki berbagai unsur atau komponen, diantaranya tujuan, subyek belajar, pengajar, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan unsur-unsur penunjang lainnya. Dimana unsur-unsur atau komponen-komponen tersebut memiliki hubungan fungsional dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan, dimana dalam hal ini tujuan tersebut adalah hasil belajar.
dan dengan demikian pembelajaran juga termasuk suatu sistem, yaitu sistem pembelajaran.

Anonymous said...

diah rahmawati
4101407024
pend. matematika 1a
pendidikan sebagai suatu sistem menurut saya adalah bahwa pembelajararan layaknya sepbagai sebuah sistem maka pembelajaran terdiri dari berbagai komponen atauunsur, dimana unsur unsur tsb mempunyai hubungan fungsional dan saling berinteraksi untuk mencapai tujuan

Anonymous said...

Sistem merupakan satu kesatuan dari beberapa komponen untuk bekerja secara bersama-sama.Pembelajaran juga merupakan suatu sistem karena di dalamnya harus terdapat komponen-komponen tertentu yang bisa menunjang kelangsungan dari proses pembelajaran.Komponen-komponen itu diantaranya harus ada peserta didik dan tenaga pendidik.Peserta didik membutuhkan ilmu dan seorang tenaga pendidik mengamalkan serta menyalurkan ilmu yang telah dimilikinya kepada peserta didik.Selaim itu dibutuhkan juga fasilitas-fasilitas yang tentunya mendukung proses pembelajaran tersebut seperti buku-buku,peralatan tulis-menulis,perlengkapan laboratorium, gedung sekolah,perlengkapan sekolah(meja kursi),dan lain-lain.Walaupun hal-hal tersebut kadang diabaikan,tapi tetap mempunyai andil yang cukup signifikan dalam kelangsungan pembelajaran.Salah satu komponen yang tidak kalah penting dalam sistem pembelajaran adalah kurikulum atau metode pembelajaran yang diterapkan.Mungkin komponen-komponen dari sistem pembelajaran yang telah disebutkan di atas merupakan sebagian kecil darinya,tapi apabila salah satu ada yang kurang terpenuhi atau tidak ada maka proses pembelajaran akan sedikit mengalami hambatan dan sistem pun akan berjalan kurang lancar.

Anonymous said...

Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan ato fungsi sistem tsb,pembelajararan juga sebagai sebuah sistem maka pembelajaran terdiri dari komponen2 atau unsur2 yang saling terkait, dimana terdapat input, proses dan output.
adetya sandy 4301405065

Anonymous said...

pembelajaran adalah suatu sistem karena merupakan suatu proses pembelajaran yang digambarkan terdiri dari sub-sub sistem yang membentuk kesatuan yang utuh. sebagaimana ciri-ciri suatu sistem pembelajaran elemen-elemennya dapat dikenali, dan kesemuannya saling berkaiatan. pembelajaran mempunyai tujuan yang terdapat dalam visi dan misi sekolah, serta membuahkan hasil berupa kesuksesan siswa diberbagai bidang dan semua elemen di dalamnya.
Anna FR
2101407070
azia_cakem@yahoo.com

UMI FADHLILAH/4101407033 said...

Menurut paham konvensional pendidikan dalam arti sempit diartikan sebagai bantuan kepadaanak didik terutama pada aspek moral,sedangkan pengajaran dibatasi pada aspek intelektual. Dalam arti modern pendidikan berarti pertumbuhan dan perkembangan individu ke arah pisitif akibat berinteraksi dengan lingkungan.

Berarti pendidikan itu terjadi karena individu melakukan belajar.Bila terjadinya proses belajar karena lingkungan dimanipulasi,dikontrol,dan dikendalikan maka proses pendidikan itu disebut pembelajaran.Dengan demikian pembelajaran itu sebenarnya merupakan sistem.

Laily_RL said...

elemen2 dalam pembelajaran saling berkaitan erat. pembelajaran merupakan sebuah sistem sedangkan sistem merupakan suatu kesatuan yang unsur didalamnya saling terkait.
pembelajaran merupakan suatu proses belajar sehingga sedangkan pendidikan adalah berkembangnya siswa dalam intelektualitas maupun sosialisasi

www.adam_pte.blogspot.com said...

Dalam satuan pendidikan harus ada sistem belajar. Untuk membantu dalam sistem belajar mengajar tentunya perlu adanya sistem pembelajaran yang berguna untuk membantu terlaksananya KBM. Adam Untoro (5301407022)

Anonymous said...

Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan atau fungsi sistem tsb.jadi pembelajaran dikatakan merupakan suqatu sistem karena ada beberapa unsur dalam proses pembelajaran yang berinteraksi secara dinamis.unsur-unsur itu diantaranya guru,siswa,sarana dan prasarana serta lain sebagainya yang masing-masing saling menunjang untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Anonymous said...

nam :Taufiq
Nim :5301407027
Prodi :pPend Teknik Elektro
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Pembelajaran adalah proses perubahan hasil dari pengalaman secara relatif ke atas pelakuan / behaviour. Ianya melibatkan setiap individu menerima pembelajaran mengikut keperluan masing-masing sama ada mengikut keadah eksperimen, menganalisis dan keupayaan menggunakan pengalaman hidup seharian.
jika dilihat dari kedua pengertian diatas maka dapat dikatakan bahwa didalam pembelajaran terdapat suatu proses.dimana proses tersebut sangat berpengaruh dalam hasil pembelajaran.maka dengan kata lain bahwa pembelajaran adalah suatu sistem yang saling terkait antara satu dengan yang lainya.jadi dengan danya pembelajaran inilah tujuan pendidikan dapat diwujudkan.

Anonymous said...

Nama :Taufiq
Nim : 5301407027
prodi :Pend Teknik Elektro
hubungan antara teori belajar dan pembelajaran adalah saling terkait.teori belajar adalah sebagai panduan atau sebagai dasar untuk melakukan sebuah pembelajaran .sedangkan pembelajaran adalah sutu praktek atau aplikasi dari teori belajar tersebut

Anonymous said...

*Yang dimaksud dengan sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/fungsi sistem tersebut.Di dalam suatu sistem dapat diidentifikasi adanya elemen-elemen yang sekaligus menjadi ciri-ciri suatu sistem.Menurut Ryans(1968) ciri-ciri itu adalah;

>elemen-elemen dapat dikenali
>saling berkaitan secara teratur
>merupakan kesatuan organisasi untuk mencapai tujuan/fungsi
>membuahkan hasil yang dapat dikenali
Sedangkan yang dimaksud dengan pembelajaran adalah suatu proses belajar karena lingkungan dimanipulasi,dikontrol,dan dikendalikan.Dan pembelajaran disini adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah sehingga secara umum pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem uth.Dalam prosesnya,sistem pembelajaran itu merupakan interaksi fungsional antara sub sistem seperti sub sistem kurikulum,kesiswaan,tyenaga pendidikan perpustakaan,dsb.Maka dalam prosesnya juga akan memperoleh masukan dari supra sistem lembaga masyarakat & orang tua serta sub-sub yang membentuk sistem pembelajaran di sekolah.

Anonymous said...

pembelajaran merupakan suatu sistem bahwa komponen-komponen pembelajaran yang
terdiri dari tujuan, subyek belajar, materi pelajaran, strategi
pembelajaran, media pembelajaran, dan komponen penunjang lainnya
merupakan suatu kesatuan yang mempunyai hubungan fungsional dan
berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/ fungsi sistem
pembelajaran tersebut. jadi yang dimaksud pembelajaran sebagai suatu
sistem adalah cara memendang pembelajaran itu sendiri sebagai sesuatu
secara sistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah.

Vina Mariana said...

Vina Mariana (2201407003/ Pendidikan Bahasa Inggris/ Fakultas Bahasa dan Seni UNNES/ Rombel 9/ B1 207/ 201-202)
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. (Undang-undang nomor 20 tentang sistem pendidikan nasional)
Pembelajaran juga diartikan sebagai proses belajar karena lingkungan yang dimanipulasi, dikontrol dan dikendalikan.
Sedangkan pembelajaran sendiri digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk sistem yang utuh.
Jadi pembelajaran dikatakan sebagai sebuah sistem karena didalam pembelajaran memiliki sub-sub sistem yaitu: Tujuan pembelajaran, subyek belajar, pengelolaan, struktur dan jadwal pelajaran dan lain sebagainya.. Sedangkan dalam mencapai tujuannya, pembelajaran merupakan hasil interaksi dari supra sistem, sistem dan sub sistem.

Anonymous said...

Pendidikan terjadi bila individu melakukan belajar. Bila terjadinya proses belajar karena lingkungan dimanipulasi, dikontrol dan dikendalikan maka proses pendidikan itu disebut proses pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran itu sebenarnya merupakan sistem.Dalam meninjau pembelajaran sebagai suatu sistem diperlukan adanya pendalaman terhadap konsep system itu sendiri dan konsep pembelajaran. Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/ fungsi system tersebut.Maka system sebagai pendekatan berarti cara memandang sesuatu secarasistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah. Dalam pembelajaran menekankan proses pembelajaran di sekola, sehingga secara umum pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem utuh. Dalam prosesnya system pembelajaran itu merupakan interaksi fungsional antara sub system seperti sub system kurikulum, kesiswaan, tenaga kependidikan, perpustakaan,dan sebagainya.

Anonymous said...

VISCARIA MUFTIANA
4101404541
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembelajaran merupakan suatu sistem karena dalam proses tersebut dibutuhkan komponen- komponen yang dapat saling mendukung. Misalnya,dalam proses belajar selain dibutuhkan seorang tenaga pendidik,juga dibutuhkan peserta didik(ada yang diajar dan ada yang mengajar).Kerja sama antara keduanya pun saling berkesinambungan, seperti siswa membutuhkan ilmu dan guru menularkan ilmu.Selain komponen tersebut,dibutuhkan pula fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang keberlangsungan proses KBM, seperti meja,kursi, peralatan laboratorium,buku-buku dan lain-lain. Kesemuanya itu saling mendukung demi kelancaran proses pembelajaran. Apabila salah satu dari komponen tersebut ada yang kurang maka akan mengganggu keberlangsungan proses pembelajaran. Dengan demikian,pembelajaran merupakan suatu sistem.

Anonymous said...

Sistem adalah suatu kesatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan atau fungsi sistem tersebut.Dan pembelajaran memiliki ciri-ciri yang sama dengan sistem yaitu:
1. Elemen-elemen dapat dikenali
2. Saling berkaitan secara teratur
3. Merupakan kesatuan organisasi untuk mencapai tujuan atau fungsi
4. Membuhkan hasil yang dapat dikenali.
Pemblajaran menekankan proses pembelajaran di sekolah.,sehingga secara umum pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem yang utuh..

Arga said...

Pebelajaran merupakan suatu sistem sebab kita diharapkan dapat menjelskan bahwa pembelajaran merupakan sistem yang dalam pencapaian tujuan/fungsi pembelajaran merupakan hasil interaksi supra sistem, sistem dan sub sistem pembelajaran, menjelaskan hirarki tujuan pendidikan dengan tujuan pembelajaran dari segi, ranah tujuan pembelajaran dan mengidentifikasi peranan masing-masing komponen dalam suatu sistem pembelajaran.