Google
 

Thursday, May 29, 2008

Review Seminar Nasional TIK

Tadi pagi sampe siang, saya mendapat tugas jadi moderator seminar nasional yang diselenggarakan mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan UNNES. seminar yang mengambil tema "Pengembangan dan implementasi TIK untuk meningkatkan pembelajaran yang berkualitas" diikuti lebih dari 300 peserta, dari kalangan dosen, guru, dan mahasiswa. Banyaknya jumlah peserta seminar ini menurut saya merupakan fenomena menarik, beda jaman dulu (beberapa tahun yang lalu) nyari peserta seminar itu sulitnya bukan main. jangankan bayar, gratis saja tidak semua kursi bisa terisi. akan tetapi sekarang hal tersebut tidak berlaku lagi, setiap kali ada seminar, panitia selalu menolak pendaftaran peserta beberapa hari sebelum pelaksanaan seminar karena kapasitas ruangan yang telah penuh. salut... semoga iklin menjadi pertanda meningkatnya iklim akademik...
ya..tapi sebenarnya bukan itu substansi yang akan saya tulis, seminar ini menghadirkan tiga orang nara sumber dengan latar belakang yang berbeda, dengan topik bahasan yang berbeda juga:
1. Nara sumber pertama adalah mas Budi Putra, beliau adalah CEO Asia Blogging Network, topik yang dibahas adalah seputar Blog dan implementasinya dalam dunia pendidikan, terutama bagaimana blog menjadi media pembelajaran baik bagi guru maupun bagi siswa. potensi blog yang luar biasa ini harus dioptimalkan yang ujung-ujungnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. saya jadi ingat salah satu judul tulisan di ilmukomputer.com yang berjudul "guru must go blog".
2. Nara Sumber yang kedua adalah Dr. rer nat. Wahyu Hardiyanto, beliau adalah Kepala UPT Komputer UNNES, yang mBaurekso ICT-nya UNNES. lulusan program doktoral dari Jerman dalam bidang ilmu computer modelling ini menyajikan topik pemanfaatan ICT dalam efektivitas dan efisiensi pembelajaran.
3. yang terakhir, adalah Mampuono, S.Pd, sebagai penyaji terakhir beliau mendapat jatah menyampaikan mengenai aplikasi ICT (dalam kesempatan ini difokuskan pada multimedia pembelajaran interaktif) dalam pembelajaran. apa yang di sampaikan pak mampu berdasar pengalamannya dalam mengembangkan berbagai produk multimedia pembelajaran maupun game technology yang telah mengantarkan beliau menjadi pemenang dalam berbagai lomba baik tingkat nasional, bahkan asia-pasifik.
sementara itu dulu ya, yang bisa saya tulis, berkaiatan substansi isi seminarnya akan saya bahas pada tulisan berikutnya... dah waktunya berangkat kuliah...;-)

2 comments:

passion said...

mas yang dimaksud TIK disini Tujuan Instruksional Khusus ato apa.... neg kaga ngarti saya secara kebetulan lulusan Tekpend IKIP bandung, yang agak keluar jalur gak bermain di media pendidikan tetapi bermain di media mass.... ada beberapa hal yang mengganjal dengan TIK di Indonesia kalo itu maksudnya selalu harus merujuk ke ranah kemampuan yang dikemmkakan oleh Bloom. Tapi ya sudahlah... saya hanya mau nanya kalo masalah TIK yang diseminarkan kok materinya tentang blog...ok internet memang bisa mernjadi software buat media pendidikan tapi bagaimana hubungannya mas dengan kontekstual seminarnya maaf ya mas karena blog menurut saya sangat menarik...tapi TIK juga selalu menarik untuk dipelajari hanya saja saya belum melihat korelasinya

Anonymous said...

passion: TIK yang dimaksud bukan Tujuan Instruksional Khusus, tapi Teknologi Informasi dan Komunikasi..