Google
 

Friday, May 2, 2008

Refleksi Hari Pendidikan Nasional

Peringatan hari pendidikan nasional tahun ini memiliki makna yang cukup berbeda, karena bertepatan dengan peringatan 1 abad kebangkitan nasional. Hal ini dapat tercermin dari tema yang diangkat, yaitu :"Hardiknas 2008 sebagai Bagian dari Peringatan 100 Tahun Kebangkitan Bangsa". semoga pengingtan Hardiknas ini benar-benar akan menjadi titik balik kebangkitan Dunia Pendidikan di negeri tercinta ini.
Berbagai upaya telah ditempuh oleh pemerintah untuk meningkatkan performa sistem pendidikan nasional, beberapa diantaranya melalui program peningkatan kualifikasi tenaga pendidik, sertifikasi pendidik, program Bantuan Operasional Sekolah, block grand, dan masih banyak program lain yang telah diluncurkan.
akan tetapi, Dunia pendidikan nasional kita seakan tidak pernah lepas dari masalah, berbagai problem selalu muncul menghiasi wajah pendidikan. Penyalahgunaan Dana BOS, gonjang-ganjing sertifikasi guru, kebingungan implementasi kurikulum, serta masalah lainnya. salah satu yang saat ini sedang marak adalah pro-kontra Ujian Nasional.
Problem yang muncul serta berbagai upaya yang telah dilakukan guna memperbaiki wajah pendidikan selama ini, kita harapkan sebagai dinamika positif menuju perbaikan mutu pendidikan Indonesia. Peringatan HARDIKNAS tahun ini harus menjadi moment refleksi bagi semua komponen pendidikan di seluruh tanah air

No comments: