Google
 

Tuesday, May 5, 2009

PSIS Bubar...!?

Kompas - Krisis keuangan yang terus mendera memaksa pengurus PSIS Semarang membubarkan tim seniornya. Dengan demikian, mulai Selasa (5/5) ini, PSIS senior tak lagi bertarung di kompetisi Indonesia Super Liga.

"Mulai Selasa ini secara resmi PSIS senior kami bubarkan. Dengan demikian, secara otomatis kontrak pemain dan pelatih juga selesai hari ini," kata Ketua Umum PSIS, Sukawi Sutarip di Semarang. Menurutnya, manajemen tinggal memenuhi gaji pemain untuk Mei 2009 ini dan batas waktu pembayaran gaji adalah tanggal 10 Mei.

"Kami sudah konsultasi dengan Badan Liga Indonesia (BLI) soal pembubaran tim senior ini dan mereka tidak mempermasalahkannya," katanya. Meskipun timnya dibubarkan, kata Sukawi yang juga Wali Kota Semarang, PSIS tetap melanjutkan kompetisi Liga Super hingga selesai. Tetapi yang berlaga bukan tim asuhan pelatih Bambang Nurdiansyah, melainkan PSIS U-21 asuhan pelatih Ashadi.

Pada musim kompetisi tahun ini, PSIS tinggal menyisakan tujuh pertandingan lagi, yaitu empat kali main di kandang (jamu Persijap Jepara, Persija Jakarta, Persik Kediri, dan Arema Malang), serta tiga kali tandang (lawan Pelita Jaya, Persiba Balikpapan, dan PKT Bontang). Sukawi mengakui, mereka tak kuat lagi untuk melanjutkan lagi Liga Super karena tidak ada pemasukan dana bagi timnya. "Selama ini saja kami sudah menghabiskan dana Rp 6 miliar dan masih menanggung utang kepada pihak-pihak lain," katanya.

Menyinggung dana yang dibutuhkan PSIS U-21, Sukawi didampingi Direktur Utama PT Mahesa Jenar (pengelola PSIS) mengatakan, dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan pemain-pemain senior. "Gaji pemain PSIS U-21 tidak terlalu tinggi dibandingkan pemain senior. Kami juga membuat kebijakan untuk pertandingan tandang yang tempatnya jauh dan memerlukan biaya yang besar, kita tidak mau (tidak bersedia bertanding,red) karena tidak ada biaya," katanya menegaskan.

Ia menambahkan, untuk melanjutkan sisa pertandingan pada Liga Super yang tinggal satu bulan ini (Liga Super berakhir sekitar 13 Juni 2009), PSIS U-21 memerlukan dana sekitar Rp 1,5 miliar. Sampai dengan pembubaran PSIS ini, Onambele Jules Basile dkk berada di dasar klasemen sementara dari 18 peserta. Dari 27 pertandingan, mereka mengumpulkan total 19 poin, hasil dari empat kali menang, tujuh kali seri, dan 16 kali kalah. Dalam empat partai terakhirnya, PSIS tidak pernah menang. "Mahesa Jenar" kalah 0-4 dari Persipura Jayapura, dibantai Persiwa Wamena 6-0, menyerah 0-2 dari Persib Bandung dan kalah 0-1 dari Persela Lamongan

No comments: