Google
 

Wednesday, July 2, 2008

Yudisium di UNNES

ya..judul diatas yg akhirnya muncul dalam postingan kali ini, karena sudah lama nggak nulis (karena banyak kerjaan yg numpuk, juga abis kluyuran ke kalimantan;-) trs pengen nulis, tp blm punya ide. Lha karena hari2 ini habis sibuk koreksi dan input nilai akhir mahasiswa untuk semester genap tahun ini, dan 2 hari lagi (jum'at) ada yudisium, akhirnya judul ini yang "tiba-tiba" muncul.
Perubahan kondisi yang cukup signifikan terjadi di UNNES saat yudisium, dulu..ciye, kayak e kok sudah lama banget. perubahan ini dimulai kira2 dua atau tiga tahun yang lalu, saat sistem akademik terpadu (SIKADU) diperkenalkan, dengan entri nilai oleh dosen dilakukan secara online melalui sistem ini. sehingga semua orang bisa tahu, siapa yang sudah dan siapa yang belum entri nilai. presure dari pimpinan universitas juga punya andil di sini, dengan ancaman jika pada saat deadline entri nilai, dosen belum memasukkan nilai, maka nilai mahasiswa pada kelas tersebut akan menjadi A.
Meskipun pada awalnya kebijakan ini menjadi pro-kontra, akan tetapi sekarang bisa dirasakan dampaknya: saat yudisium, mahasiswa bisa mengetahui berap nilai dan berapa IP yang diperoleh. Berbeda dengan yudisium waktu dulu (juga pada saat saya masih kuliah), banyak nilai yang belum keluar. pada saat yudisium paling-paling sekitar 50% nilai yang sudah bisa diketahui. Bravo untuk semua...

No comments: